Gunung Balau-Kedamaian ( 09 November 2008 )

06:00 Goeser RAKATA mulai berdatangan ke Lapangan Saburai tempat Start Point biasanya. Setelah Sarapan bubur kacang ijo di Saburai. segera siap-siap berangkat.

Kali ini pesertanya ada 16 orang. Cuaca terlihat agak mendung, tapi hujan gak kunjung turun.

06:25 GPS dinyalakan dan Rombongan RAKATA mulai bergerak. Kali ini tujuan kita ke Gn Balau. Lokasi ini dipilih karena dalam beberapa hari ini banyak turun hujan sehingga dikhawatirkan jika memilih rute yang banyak jalan tanahnya, peserta akan kesulitan dan goes jadi kurang nikmat.

Rute Melalui Jl Jenral Sudirman, Jl Gatot Subroto kemudian belok kiri kearah stasiun Garuntang.

06:44 Menyeberangi Jembatan Kereta. Karena pada saat yang sama rangkaian kereta BABARANJANG juga lewat, jadi agak lama juga menunggu rekan-rekan yang antri lewat jembatan.

Disaat menunggu rekan yang lain sempat order nasi uduk beberapa bungkus. Eh abis tuh uduknya, jadi cari yang jualan uduk lagi deh ditempat lainnya.

Selanjutnya masih menyusuri jalan kereta dengan berjalan di batu-batu ballastnya. Lumayan susah juga melalui batuan ballast yang selalu bergerak.

07:07 Masuk jalan By pass Sukarno Hatta.

07:11 lewat pertigaan PJR, langsung nanjak keatas kearah gerbang Gn Balau.

07:19 Sampai di Gerbang Gn Balau. Rekan rekan lain langsung saja mendaki. Ada rekan yang putus rantainya (Pak Tikno), jadi agak lama juga menunggu di warung dekat gerbang Gn Balau karena sepedanya harus dituntun dan diperbaiki disini.

07:46 setelah rantai yang putus selesai disambung, perjalanan mendaki dilanjutkan.

Sempat juga beberapa kali berhenti karena harus beli uduk tambahan dan juga ada rekan yang bocor bannya dan harus diganti. Sayang ban penggantinya yang juga bekas tambalan ternyata terlepas tambalannya sehingga kempes lagi. Diputuskan ban sepeda akan diperbaiki di puncak, sehingga separuh jalan kepuncak full dituntun.

08:34 Sampai di lokasi rest Point tempat biasanya kita istirakat (satu belokan sebelum sampai areal transmisi dipuncak Gn Balau).

Bongkar nasi uduknya dan langsung sarapan . Viewnya asik, cuaca cerah tidak jadi hujan.

Sebagian rekan perlahan-lahan sampai di puncak dan ban yang bocor ditambal disini.

09:15 setelah semua beres sarapan dan juga ban selesai di tambal dan dipasang lagi. Sempat foto-foto sedikit dan siap-siap turun gunung. Rencana turun akan melalui rute offroad.

09:18 sampai di pertigaan offroad. jalan agak becek dan sedikit licin. tapi yah ini dia licin-licin enak.

09:27 setelah menikmati turunan yang lumayan curam dan sangat lancar. belok kekanan untuk explore rute baru. Sayangnya pertigaan yang diatas ternyata tertutup dari umum jadi rute yang dilihat dari google earth tidak seluruhnya bisa ditelusuri.

09:32 Sampai di By pass lagi. Beberapa ratus meter menyusuri By Pass belok kiri lagi masuk areal yang tadinya berupa areal resapan seperti danau, namun saat ini telah di timbun. Agaknya akan dibuat bangunan gudang.

Diujung lahan ternyata timbunannya lumayan tinggi sehingga untuk menyeberangi aliran air yang ada sudah ada jembatan darurat yang terbuat dari beberapa batang bambu yang di ikat menjadi satu. Lumayan serem juga. jembatannya agak sedikit bergoyang waktu dilewati.

Satu-persatu peserta menyeberang juga, ada yang lewat bawah jembatan, tapi ada juga yang "ngesot" diatas jembatan bambu. Awas kecantol ball nya yah.

08:49 semua peserta sudah berhasil nyeberang, langsung perjalanan dilanjutkan.

10:03 Sampai di Rumah Bobby, lumayan dapat tambahan air minum dan sedikit kue kering. sebelum bubaran di Perempatan Hayam wuruk dan di depan Chandra supermarket.

Ok episode selesai. sampai jumpa dilain episodenya.